TEORI ORGANISASI

Minggu, 17 Oktober 2010
       Manusia adalah makhluk sosial yang cinderung untuk hidup bermasyarakat serta mengatur dan mengorganisasi kegiatannya dalam mencapai suatu tujuan tetapi karena keterbatasan kemampuan menyebabkan mereka tidak mampu mewujudkan tujuan tanpa adanya kerjasama . Hal tersebut yang menyebabkan manusia untuk berorganisasi.

Definisi Umum :
"kelompok orang yang secara bersama-sama ingin mencapai tujuan".

Ciri-ciri Organisasi :
> Lembaga sosial yang terdiri atas kumpulan orang dengan berbagai pola interaksi yang ditetapkan.
> Dikembangkan untuk mencapai tujuan.
> Secara sadar dikoordinasi dan dengan sengaja disusun.
> Instrumen sosial yang mempunyai batasan yang secara relatif dapat diidentifikasi.

Teori Organisasi :
  1. Klasik
  2. Neoklasik
  3. Modern

1. Teori Organisasi Klasik 
Teori ini biasa disebut dengan "teori tradisional" atau disebut juga dengan "teori mesin". Dikatakan organisasi mesin karena organisasi ini menganggap manusia bagaikan sebuah onderdil yang setiap saat bisa dipasang dan digonta-ganti sesuai kehendak pemimpin.
Teori klasik berkembang dalam 3 aliran :
- Birokrasi
- Administrasi
- Manajemen Ilmiah

2. Teori Neoklasik
Disebut juga dengan "Teori Hubungan Manusiawi" . Teori ini muncul akibat dari ketidakpuasan pada teori klasik dan teori ini merupakan penyempurnaan dari teori klasik.
Dalam pembagian kerja , Neoklasik memandang perlunya :
a. Partisipasi
b. Perluasan Kerja
c. Manajemen bottom_up

3. Teori Modern
teori ini muncul akibat ketidakpuasan pada dua teori sebelumnya . Teori Modern sering disebut "Analisa Sistem" atau "Teori Terbuka" yang memadukan teori klasik dan neoklasik .


Teori Klasik vs Teori Modern 
a. Teori klasik memusatkan pandangan pada analisa dan deskripsi organisasi sedangkan teori modern menekankan pada perpaduan & perancangan sehingga terlihat lebih menyeluruh.
b. Teori klasik membicarakan konsep koordinasi , scalar , dan vertical sedangkan teori modern lebih dinamis, sangat komplek, multilevel, mulitidimensi dan banyak variabel yang dipertimbangkan.

0 komentar:

Posting Komentar

About me