MANUSIA DAN PANDANGAN HIDUP

Jumat, 26 Februari 2010
Latar belakang :
Dua kekayaan manusia yang paling utama ialah "akal dan budi" atau pikiran dan perasaan. Disatu sisi akal dan budi atau pikiran dan perasaan memungkinkan munculnya tuntutan-tuntutan hidup manusia yang lebih daripada tuntutan hidup makhluk lain, disisi lain hal tersebut memunculkan karya-karya manusia . cipta, karsa, dan rasa pada manusia , dari proses ini maka lahirlah apa yang disebut kebudayaan pandangan terhadap hidup.

Pandangan hidup 
merupakan suatu dasar atau landasan untuk membimbing kehidupan jasmani dan rohani. pandangan ini sangat bermanfaat bagi kehidupan individu, masyarakat, atau negara.Pandangan hidup sering disebut filsafat hidup. filsafat berarti cinta akan kebenaran , sedangkan kebenaran dapat dicapai oleh siapa saja .
pandangan hidup yang teguh merupakan pelindung seseorang. bila manusia sedang dalam keadaan senang, bahagia, serta kecukupan, mereka akan lupa pandangan hidup yang diikutinya, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor :
1. kurangnya penghayatan pandangan hidup yang diyakini
2. kurangnya keyakinan pandangan hidupnya
3. kurang memahami nilai dan tuntutan yang terkandung dalam pandangan hidupnya
dsb

cita-cita
pandangan hidup terdiri atas cita-cita, kebajikan dan sikap hidup.dalam kehidupannya tidak dapat lepas dari cita-cita.karena itu sudah menjadi bagian hidup dari manusia.cita-cita sering kali di artikan sebagai angan-angan, keinginan, kemauan,niat atau harapan.
Ada tiga kategori keadaan hati seseorang :lunak, keras, dan lemah.

kebajikan
perbuatan moral, perbuatan yang sesuai dengan norma-norma agama atau etika. kita dapat melihat dari tiga segi :
a. manusia sebagai pribadi
b. manusia sebagai anggota masyarakat
c. manusia sebagai makhluk Tuhan
jadi kebajikan adalah perbuatan yang selaras dengan suara hati kita, suara hati masyarakat, dan hukum Tuhan.

sikap hidup
keadaan hati dalam menghadapi hidup. sikap itu ada di dalam hati kita dan hanya kitalah yang tau. orang lain hanya tau setelah kita bertindak. sikap juga dapat berubah karena situasi, kondisi, dan lingkungan. ada sikap etis dan non etis. etis = positif, non etis = negatif.

ada 7 sikap etis : sikap lincah, rendah hati, tenang, bangga, halus, arif, berani.
sikap non etis : kaku, takut, gugup, kasar, angkuh, rendah diri.

keyakinan dan kepercayaan
ini merupakan yang menjadi dasar pandangan hidup berasal dari akal atau kekuasaan Tuahn. ada tiga aliran filsafat , naturalisme,intelektualisme, dan gabungan.

manusia dan pandangan hidup
akal dan budi sebagai milik manusia ternyata membawa ciri tersendiri akan diri manusia itu. sebab akal dan budi mengakibatkan manusia memiliki keunggulan dibandingkan dengan makhluk lainnya. satu diantaranya adalah pandangan hidup. pandangan hidup sangat penting, baik untuk kehidipan sekarang atau di akhirat nanti. dan sudah sepantasnya manusia memilikinya. tapi harus berdasarkan akal bukan ikut-ikutan saja. 

0 komentar:

Posting Komentar

About me