Teknologi Layar Sentuh ( Komputer Tablet / PC Tablet )

Minggu, 02 Oktober 2011
I. PENDAHULUAN

  • PC Tablet / Komputer Tablet
   PC Tablet adalah sebuah laptop/komputer portable yang berbentuk lebih kecil dari laptop bentuknya seperti buku dan memiliki teknologi layar sentuh yang cukup canggih sehingga PC tablet bisa dioperasikan dengan pulpen digital dan tidak memerlukan keyboard ataupun mouse komputer. Layarnya pun dapat diputar ke atas dan ke bawah sehingga posisi keyboard menghadap tanah/pangkuan/meja dan posisi layar tidur menghadap ke atas. Layar Tablet PC juga dimungkinkan untuk bergerak memutar mirip gerakan orang menoleh, hingga 360 derajat. Kini PC Tablet telah maju pesat banyak perusahaan gadget yang bersaing untuk membuat tablet pc yang elegan, berteknologi canggih dan tetap simple, agar bisa memberikan kenyaman kepada pengguna dan bisa membantu memenuhi kebutuhan penggunan tablet pc. 




II. ISI

  •     Alasan Kenapa Harus Bergeser ke Komputer Tablet :
      Untuk mengakses Internet dulu kita menggunakan Komputer, kemudian Laptop lalu bergeser ke Handphone dan Smart Phone. Tapi sekarang, kita melihat trend baru yaitu penggunaan Komputer Tablet. Apa alasan orang bergeser ke Komputer Tablet? Berikut beberapa alasan mereka :

1. Praktis Bisa Dibawa Kemana-mana.
Kecil dan compact. Gak menuh-menuhin tas juga dan pas ditangan. Bayangin kalo kita bawa2 laptop kemana2. Ribet buka tutupnya dan cari colokan kalo batre abis. Betul?

2. Ringan Tapi Modis.
Fungsinya sama kaya Laptop atau Komputer, tapi lebih ringan. Dijamin gak bikin tangan pegel. Ukurannya pas di tangan kita, selain itu bentuknya juga modis banget.

3. Multitasking
Mau browsing? Bisa. Mau nonton video? Bisa. Mau chatting? Bisa. Macem2 sampe nyatet2 tugas atau kerjaan
.
4. Hemat Baterai.
Ga seribet laptop yg mesti colok dimana2, rata2 tablet kuat seharian kalo setelah di-charge. Ya asal makenya juga manusiawi.

5. Efisien
Pemakaian tablet itu lebih efisien. Soalnya dari mulai dinyalain, jarang banget nunggu loading. Bandingin sama laptop yg mesti nyalain, standby, tutup, buka lagi. Ditambah lagi ada touch screen yang bikin akses tabletnya makin cepet.

6. Wireless
Mau pake wifi atau naro sim card, bisa. Intinya gak perlu nyangkut di colokan internet

7. Entertainment
Buat sebagian orang, perlu banget misahin fungsi nelepon sama tablet. Menurut saya, nelepon ya nelepon, tablet ya buat kerjaan sehari2. Makanya, kalo punya tablet usahakan bisa buat entertainment tabletnya.



  •    Tips Memilih Komputer Tablet Untuk Kerja

Bagaimana cara memilih Komputer Tablet yang cocok untuk bekerja? 

Keamanan
Saat komputer tablet yang sudah terintegrasi dengan sistem komputasi di kantor, faktor keamanan menjadi sangat penting supaya data perusahaan tetap aman. Khusus untuk para manajer teknologi informasi harus menyediakan "sabuk pengaman" khusus, misalnya dengan enkripsi, otentifikasi perangkat, keamanan saat terkoneksi di jaringan kabel ataupun nirkabel, dan konektivitas Virtual Private Network (VPN).

Bisa menjalankan aplikasi kolaboratif
Pengguna tablet tentu tak ingin "sendirian" ketika mengoperasikan perangkatnya. Dia harus tetap terhubung dengan rekan lainnya, misalnya untuk melakukan konferensi melalui Instant Messaging (IM), presence, email, dan kolaborasi tim secara virtual dari satu perangkat mobile.

Administrasi dan manajemen enterprise
Para administrator teknologi informasi sebaiknya menyederhanakan sistem administrasi dan pengelolaan penggunaan komputer tablet, termasuk memiliki otoritas untuk mengizinkan atau tidak memperbolehkan pengguna untuk mengunduh aplikasi-aplikasi dari berbagai marketplace.

Komunikasi video
Komputer tablet dapat mendukung komunikasi bisnis dengan solusi video multi-vendor.

Kinerja yang prima
Untuk keperluan bisnis, tentunya pengguna menginginkan komputer tablet yang memungkinkan untuk berbagi data sekaligus membuat dan mengedit konten.

Virtualisasi dekstop
Virtualisasi dekstop memungkinkan pengguna meng-host aplikasi software secara fleksibel dan aman di data center dan menggunakan jaringan untuk mengantarkan aplikasi-aplikasi tersebut sebagai layanan, kapan pun dan di mana pun. Lingkungan yang tervirtualisasi ini harus dapat diteruskan secara mulus ke perangkat-perangkat mobile, termasuk komputer tablet.

Open source
Komputer tablet untuk perusahaan yang menggunakan platform terbuka, seperti OS Android, dapat memanfaatkan komunitas pengembang Android yang sedang tumbuh untuk menyediakan aplikasi produktivitas kelas bisnis dan memungkinkan pengguna mengembangkan sendiri aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.


  •     Sistem Operasi Komputer Tablet 

Seperti komputer pada umumnya, komputer tablet juga memerlukan perangkat lunak yang disebut dengan sistem operasi (operating system) untuk mengatur kerja perangkat kerasnya.Ada beberapa sistem operasi yang sering disertakan dalam komputer tablet diantaranya :

1. Android
2. iOS Apple
3. Windows 7
4. QNX Software System
5. Palm webOS 

Lalu apa saja kekurangan komputer tablet ini? sejumlah pendapat yang dihimpun dari berselancar di dunia maya menyebutkan bahwa fitur-fitur dan aplikasi yang bisa dimuat komputer tablet lebih terbatas, meski dari segi bentuk perangkat ini lebih simpel ketimbang laptop atau notebook. Seperti dalam hal video chat, pemrograman, update foto dari kamera, kapasitas penyimpanan yang lebih kecil dibanding laptop serta kemampuannya menginstal dari beragam media.


III. PENUTUP

      Demikian ulasan mengenai pembahasan PC Tablet/Komputer Tablet. Banyak kelebihan serta ada pula kekurangannya. Semua tergantung peminat teknologi, mereka tertarik pada teknologi yang bagaimana. Manfaatkan dan gunakan dengan baik teknologi-teknologi seperti itu, jangan digunakan untuk hal yang tidak baik atau hanya untuk mengikuti trend saat ini.











0 komentar:

Posting Komentar

About me